Imbauan Terkait Penanganan Penyebaran Covid-19 di Republik Uzbekistan
message 2 screen_share 36

Mulai tanggal 15 Maret 2021, Pemerintah Uzbekistan membatalkan kewajiban tes cepat antigen pada saat ketibaan. Kewajiban tersebut hanya berlaku bagi pelaku perjalanan internasional yang menunjukkan hasil tes PCR “negatif” yang dijalani lebih dari 72 jam pada saat ketibaan.

Selanjutnya, mulai tanggal 25 Maret 2021, Pemerintah Uzbekistan memberlakukan kewajiban tes cepat antigen bagi pelaku perjalanan internasional yang tidak dapat menunjukkan hasil tes PCR “negatif” dari penyedia hasil tes PCR yang telah tersertifikasi.

Berikut persyaratan selengkapnya untuk memasuki wilayah Uzbekistan mulai tanggal 15 Maret 2021:

1. Pelaku perjalanan internasional yang tiba melalui jalur udara atau jalur darat harus membawa hasil tes PCR “negatif”. Tes dijalani maksimal 72 jam sebelum ketibaan.
2. Jika yang bersangkutan tidak memiliki hasil tes PCR “negatif” atau hasil tes dinilai kadaluarsa (lebih dari 72 jam), maka yang bersangkutan menjalani tes cepat antigen pada saat ketibaan.
3. Bahasa hasil tes PCR yang diakui adalah dalam bahasa Inggris atau bahasa Rusia.

Pemerintah Uzbekistan akan mengeluarkan daftar penyedia tes PCR yang diakui dari setiap negara. Pemerintah Uzbekistan menargetkan untuk mengakui paling sedikit 10 (sepuluh) penyedia tes PCR pada masing-masing negara.

Berikut persyaratan selengkapnya untuk memasuki wilayah Uzbekistan mulai tanggal 25 Maret 2021:

1. Pelaku perjalanan internasional harus membawa hasil tes PCR “negatif”. Tes dijalani maksimal 72 jam sebelum ketibaan dan bahasa hasil tes yang diakui adalah bahasa Inggris atau bahasa Rusia.
2. Pelaku perjalanan internasional yang membawa hasil tes PCR “negatif” dari penyedia yang diakui oleh Pemerintah Uzbekistan dapat memasuki wilayah Uzbekistan tanpa mengambil tes cepat antigen.
3. Pelaku perjalanan internasional yang membawa hasil tes PCR “negatif” bukan dari penyedia yang diakui wajib untuk menjalani tes cepat antigen pada tempat kedatangan.

Perkembangan terakhir terkait penanganan penyebaran Covid-19 di Republik Uzbekistan adalah sebagai berikut:

1. Pengguna transportasi umum diwajibkan untuk memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan.
2. Pemerintah Republik Uzbekistan telah membatalkan pelarangan penerbangan internasional (dari, ke, transit) dengan tujuan Austria, Italia, Belanda, Denmark, Inggris Australia dan Afrika Selatan mulai 5 Maret 2021.
3. Pemerintah Republik Uzbekistan telah membatalkan larangan penerbangan internasional (dari, ke, transit) dengan tujuan Jerman sejak 12 Februari 2021.
4. Pemerintah Republik Uzbekistan, mengizinkan pelaksanaan konser dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat sejak tanggal 28 Januari 2021.
5. Pusat perbelanjaan, pasar dan pertokoan telah dibuka untuk pengunjung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak ada larangan mobilitas antar-wilayah di Republik Uzbekistan.
6. Transportasi jalur darat dan udara telah beroperasi dengan efektif.

Jika anda sedang melakukan perjalanan di wilayah Republik Uzbekistan dan mengalami keadaan darurat, hubungi hotline KBRI Tashkent di nomor +998 909648480 atau anda dapat menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.


Share on :


prasma prasma

terima kasih infonya


yudhi tio

terima kasih infonya