Imbauan Untuk Menunda Kepulangan ke Indonesia Selama Masa Peniadaan Mudik Lebaran
message 3 screen_share 126

Dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19, maka Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi COVID-19 (SE No. 12/2021) dan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran COVID-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah (SE No. 13/2021). Selain itu, Menteri Ketenagakerjaan juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor M/7/HK.04/IV/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Mudik Bagi Pekerja/Buruh dan Pekerja Migran Indonesia Dalam Upaya Pengendalian Penyebaran COVID-19.

Dalam kaitan dengan hal dimaksud, terdapat protokol peniadaan mudik, pencegahan dan pengendalian COVID-19, sebagai berikut:

  • Peniadaan mudik untuk sementara bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi darat, kereta api, laut, dan udara lintas kota/kabupaten/provinsi/negara sebagai upaya pengendalian movilitas selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 H.
  • Pengecualian perjalanan dapat dilakukan untuk kendaraan pelayanan distribusi logistik, pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak nonmudik yaitu: bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh 1 orang anggota keluarga, dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 orang.
  • Pelaku perjalanan yang dikecualikan wajib memiliki print out surat izin perjalanan tertulis atau Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) dari instansi yang berwenang.

Sehubungan dengan hal tersebut bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berkeinginan kembali ke tanah air/repatriasi maka dihimbau untuk menunda kepulangannya ke Indonesia selama masa peniadaan mudik periode 6 s.d. 17 Mei 2021.

Share on :


yudhi tio

terima kasih infonya


prasma prasma

terima kasih info nya


Siam Subiaraharja

semoga selalu sehat wal afiat