Kebijakan Lockdown dan Aturan Karantina Hotel bagi Pendatang Internasional di Negara Bagian Victoria, Australia, Telah Ditiadakan
message 2 screen_share 849

Dalam konferensi pers pada tanggal 22 Oktober 2021, Premier Victoria, Daniel Andrews mengumumkan mengenai diangkatnya kebijakan lockdown di Victoria. Selain dicabutnya lockdown di Victoria dan akan tercapainya target 80% vaksinasi dosis lengkap, maka Chief Health Officer telah meniadakan aturan karantina 14 hari di hotel yang ditunjuk pemerintah bagi pendatang internasional yang telah memiliki vaksin dosis lengkap mulai tanggal 1 November 2021.

Pendatang internasional yang akan memasuki Victoria harus dapat menunjukkan status vaksinasi mereka kepada Pemerintah Federal Australia dengan menunjukkan bukti sertifikat vaksinasi dosis lengkap dengan vaksin yang diakui oleh Pemerintah Australia seperti: Pfizer (Comirnaty), Astrazeneca (Vaxzevria), Moderna (Spikevax), Covid-19 Vaccine Janssen (Johnson and Johnson), Coronavac (Sinovac) dan Covishield (Astrazeneca Serum/Serum Institute of India).

Selain itu pendatang intemasional juga diwajibkan untuk mempunyai hasil negative tes PCR 72 jam sebelum keberangkatan dan diwajibkan untuk tes kembali dalam 24 jam pada saat kedatangan. Sejalan dengan peraturan federal bagi anak-anak dibawah 12 tahun yang datang bersama orang tua yang sudah di vaksin dosis lengkap serta bagi orang-orang yang tidak dapat di vaksin karena alasan medis akan dianggap sebagai orang yang sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap.

Bagi pendatang yang di tes positif akan diminta untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing, hal ini sama perlakuannya dengan kasus positif yang terjadi di komunitas lokal. Sementara bagi orang yang belum divaksinasi wajib menjalankan karantina 14 hari di hotel yang di tentukan pemerintah. Bagi pendatang internasional yang sedang dalam masa karantina hotel pada tanggal 1 November 2021, status vaksinasi ybs akan diverifikasi oleh Australian Immunisation Register dan setelah menjalani tes Covid-19 dan hasilnya negatif, maka ybs akan diperbolehkan keluar dari hotel karantina sebelum masa karantina 14 hari tersebut berakhir.

Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri RI mengimbau agar teman-teman WNI untuk dapat menghubungi KJRI Melbourne di:

Alamat: 72 Queens Road, Melbourne VIC 3004 (Entrance From 72 Queens Lane)
Telepon: +61 3 9525 2755
Fax: +61 3 9525 1588
Website: https://kemlu.go.id/melbourne
Email: konsuler.melbourne@kemlu.go.id / ekonomi.melbourne@kemlu.go.id / pensosbud.melbourne@kemlu.go.id

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya


Eka Putra Musa Mauboy

Mudah-mudahan kondisinya membaik untuk semuanya. Sehat selalu teman-teman semua.