Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Turki menyetujui Pembentukan Travel Corridor Arrangement (TCA) dan Saling Mengakui Sertifikat Vaksin Covid-19 Kedua Negara
message 2 screen_share 745

Pemerintah Turki dan Pemerintah Indonesia melalui perwakilan kedua Menlu Turki dan Menlu RI telah mengeluarkan Joint Declaration mengenai implementasi Travel Corridor Arrangement (TCA) Indonesia-Turki dan saling mengakui validitas sertifikat vaksin Covid-19 yang dikeluarkan oleh otoritas masing-masing negara sebagai bagian dari implementasi TCA. Joint Declaration tersebut dikeluarkan saat kunjungan Menlu RI ke Ankara pada 12 Oktober 2021 yang lalu.

Dalam hal ini, Pemerintah Turki tidak menerapkan kebijakan pembatasan perjalanan bagi WNI yang ingin berkunjung ke Turki, dan anak-anak WNI di bawah 18 tahun yang bepergian dengan WNI pemegang sertifikat vaksin lengkap mendapatkan hak yang sama untuk memasuki wilayah Turki.

Dalam waktu dekat Pemerintah Turki juga akan menerapkan kebijakan bebas visa bagi WNI pemegang paspor biasa yang berkunjung ke Turki. Kebijakan ini merupakan resiprositas (asas timbal-balik) atas kebijakan yang sama yang telah dikeluarkan Pemerintah RI sejak tahun 2016 kepada warga negara Turki yang berkunjung ke Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri RI mengimbau agar teman-teman WNI untuk dapat menghubungi KBRI Ankara di:

Alamat: Prof. Dr. Aziz Sancar Cd. No. 10 (Lama: Abdullah Cevdet Sk. No.10) PO Box 42 Çankaya 06680 Ankara, Turki

Telepon: +90 312 438 21 90 - 92

Fax: +90 312 438 21 93

Website: kemlu.go.id/ankara

Email: ankara.kbri@kemlu.go.id / kbriank@ttmail.com

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya


prasma prasma

terimakasih infonya