Pemerintah Selandia Baru Mengeluarkan Indonesia dari Daftar Negara dengan Kategori Very High Risk Country
message 2 screen_share 185

Pemerintah Selandia Baru mengeluarkan Indonesia dari negara dengan kategori resiko sangat tinggi ( very high risk country ) dalam penanganan Covid-19. Kebijakan baru ini mulai diimplementasikan pada awal bulan Desember 2021. 

Implikasi dari dikeluarkannya Indonesia dari kategori dimaksud adalah pendatang dari Indonesia dengan visa yang eligible ( permanent resident, critical purpose visa, humanitarian visa ) dapat memasuki wilayah Selandia Baru secara langsung tanpa harus berada selama 14 hari di negara non-resiko sangat tinggi sebelum memasuki wilayah Selandia Baru. Selain Indonesia, juga terdapat India, Pakistan, Fiji dan Brazil yang ikut dikeluarkan dari daftar negara dengan resiko sangat tinggi. 

Menanggapi perkembangan Covid-19 varian Omicron, Selandia Baru sejauh ini telah menetapkan 10 (sepuluh) negara dalam kategori very high risk country , yaitu Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Lesotho, Eswatini, Seychelles, Malawi, Mozambique dan Papua Nugini. 

Pendatang dari negara non resiko sangat tinggi akan tetap diwajibkan memiliki bukti telah mendapatkan vaksinasi lengkap dan wajib menjalani masa karantina selama 7 (tujuh) hari di pusat karantina pemerintah (MIQ) dan selanjutnya melakukan isolasi mandiri selama 3 (tiga) hari. 

Berdasarkan perkembangan tersebut, WNI yang melakukan perjalanan ke Selandia baru diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat serta senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara setempat. Untuk informasi dan perkembangan lebih lanjut terkait pelindungan WNI selama masa pandemi Covid-19 di Selandia Baru, WNI diimbau untuk dapat menghubungi KBRI Wellington. 

Demi pelayanan pelindungan yang lebih baik, Kementerian Luar Negeri mengimbau agar teman-teman WNI yang tinggal di luar negeri lebih dari 6 bulan untuk dapat melakukan lapor diri melalui website Portal Peduli WNI dan di KBRI Wellington. 

 

KEDUTAAN BESAR di WELLINGTON

KEDUTAAN BESAR di WELLINGTON Alamat: 70 Glen Road, Kelbum, Wellington 6012, New Zealand
Telepon: (64-4) 4758699
Fax: (64-4) 475 9374
Website: https://kemlu.go.id/wellington
Email: kbriwell@indonesianemb.co.nz

 

Portal Peduli WNI
https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html  

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya gan


prasma prasma

terimakasih infonya kaka