Kebijakan Baru Pemerintah Rumania dalam Penanganan Covid-19
message 2 screen_share 166

Pemerintah Rumania melalui Komite Nasional untuk Situasi Darurat mengumumkan beberapa kebijakan baru perihal upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 sebagai respon atas ditemukannya dua warga Rumania yang telah direpatriasi dari Afrika Selatan terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Secara umum, kebijakan baru yang dimulai diterapkan pada tanggal 10 Desember 2021 mewajibkan karantina bagi beberapa kategori orang yang memasuki wilayah Rumania berdasarkan negara kedatangan, tujuan kedatangan serta kelengkapan dokumen yang disertakan dalam perjalanan.

Beberapa Keputusan Komite Nasional untuk Situasi Darurat, yaitu:

  1. Tindakan karantina dikenakan untuk jangka waktu 14 hari di rumah atau tempat yang ditentukan bagi orang yang tiba dari negara anggota Uni Eropa, Wilayah Ekonomi Eropa atau Konfederasi Swiss.
  2. Tindakan karantina 10 hari ditetapkan di rumah atau tempat yang ditentuka bagi orang yang tidak divaksinasi atau yang belum dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-Cov-2 dalam 180 hari terakhir sebelum masuk dan tiba di Negara Anggota Uni Eropa, wilayah Ekonomi Eropa atau Konfederasi Swiss di bawah zona merah, jika membawa hasil negatif tes RT-PCR untuk infeksi virus SARS-Cov-2 yang dilakukan tidak lebih dari 72 jam sebelum boarding  (bagi yang bepergian dengan angkutan umum) atau memasuki wilayah negara (bagi yang bepergian secara mandiri).
  3. Tindakan karantina dilakukan di rumah atau tempat yang ditentukan selama 14 hari terhadap orang yang datang dari negara ketiga (selain negara anggota Uni Eropa, wilayah Ekonomi Eropa atau Konfederasi Swiss) dan tidak menunjukkan hasil negative tes RT-PCR untuk Covid-19 paling lama 48 jam sebelum boarding (bagi yang bepergian dengan transportasi umum) atau memasuki wilayah nasional (bagi yang bepergian secara mandiri).
  4. Tindakan karantina harus dilakukan di rumah atau tempat yang ditentukan untuk jangka waktu 10 hari untuk orang yang tidak divaksinasi atau yang belum dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-Cov-2 dalam 180 hari terakhir sebelum memasuki wilayah Rumania, tiba dari negara ketiga (selain negara anggota Uni Eropa, Wilayah Ekonomi Eropa atau Konfederasi Swiss), jika mereka menunjukkan hasil negatif dari tes RT-PCR untuk infeksi virus SARSCov-2 yang dilakukan 48 jam sebelum boarding (bagi yang bepergian dengan transportasi umum) atau masuk ke wilayah nasional (bagi yang bepergian secara mandiri).

Berdasarkan perkembangan tersebut, WNI yang melakukan perjalanan ke wilayah Rumania diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat serta senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara setempat. Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI untuk menghubungi KBRI Bucharest.

Demi pelayanan pelindungan yang lebih baik, Kementerian Luar Negeri juga menghimbau agar teman-teman WNI yang tinggal di luar negeri lebih dari 6 (enam) bulan agar dapat melakukan Lapor Diri melalui website Portal Peduli WNI dan di KBRI terdekat.

KEDUTAAN BESAR RI di Bucharest

Alamat: Aleea Alexandru No. 19, Sector 1, Bucharest, 011821, Romania
Telepon: (40-21) 312-0742
Fax: (40-21) 312-0214Twitter: @INAinBucharest
Website: https://kemlu.go.id/bucharest/
Email: bucharest.kbri@kemlu.go.id; indobuch@indonezia.ro 

Portal Peduli WNI
https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya gan


prasma prasma

terimakasih infonya kaka