Rencana Pembukaan Kembali Penerbangan Komersial Internasional Vietnam
message 2 screen_share 178

Pada tanggal 9 Desember 2021, Wakil Perdana Menteri Vietnam telah menyetujui rencana pembukaan kembali penerbangan komersial internasional regular ke sejumlah negara di wilayah Asia dan Amerika Serikat mulai 1 Januari 2022.Beberapa langkah persiapan rencana pembukaan kembali penerbangan komersial internasional, a.l.:

  1. Pad tahap awal penerbangan akan dibuka untuk Beijing/Guangzhou (China), Tokyo (Jepang), Seoul (Republik Korea), Taipei (Taiwan, China), Bangkok (Thailand), Singapore, Vientiane (Laos), Phnom Penh (Kamboja) dan San Fransisco / Los Angeles (Amerika Serikat).
  2. Penerbangan akan dioperasikan berdasarkan panduan dari Kementerian Kesehatan dengan mempertimbangkan pencegahan penyebaran Covid-19 dan memastikan keamanan, efisiensi, dan kelancaran penerbangan.
  3. Kementerian Kesehatan agar segera mengeluarkan pedoman medis bagi penerbangan komersial internasional regular berdasarkan masukan dari para ahli dan pebisnis.
  4. Kementerian Kesehatan, Kementerian Keamanan Publik dan Kementerian Informasi dan Komunikasi berkoordinasi untuk mempublikasikan aplikasi deklarasi medis bagi perjalanan udara agar memfasilitasi deklarasi kesehatan penumpang, aktivitas dan pengawasan kesehatan maskapai, serta control dan pelacakan penumpang yang masuk ke Vietnam.
  5. Kementerian Informasi dan KOmunikasi bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan dan media massa, mendiseminasikan informasi kepada masyarakat terkait pentingnya pembukaan kembali penerbangan komersil internasional dan sekaligus memastikan keamanan dan efektivitas dari pencegahan dan pengawasan Covid-19.
  6. Kementerian Perhubungan akan mengarahkan maskapai dalam pembukaan kembali penerbangan internasional komersial sesuai dengan usulan tahap uji coba yang telah disetujui dan secara cepat melakukan evaluasi serta penyesuaian sesuai kondisi di lapangan.
  7. Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengna Kementerian Kesehatan untuk dapat mencapai kesepakatan dengan negara-negara lain dalam hal saling pengakuan vaccine passports.

Usulan rencana pembukaan kembali penerbangan komersial internasional regular dalam 2 tahap uji coba sebagai berikut:Tahap I

  1. Periode uji coba selama 2 minggu
  2. Dibuka untuk negara-negara dengan tingkat pencegahan pandemic Covid-19 sangat tinggi dan permintaan untuk masuk Vietnam juga cukup tinggi, yaitu Beijing/Guangzhou (China), Tokyo (Jepang), Seoul (Republik Korea), Taipei (Taiwan, China), Bangkok (Thailand), Singapore, Vientiane (Laos), Phnom Penh (Kamboja) dan San Fransisco / Los Angeles (Amerika Serikat).
  3. Bandara Vietnam yang dibuka untuk penerbangan tersebut adalah bandara internasional Noi Bai di Hanoi dna Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City.
  4. Empat penerbangan dalam satu minggu untuk semua rute.
  5. Penumpang yang akan masuk ke Vietnam diharapkan berjumlah sekitar 14.000 orang/minggu.

 Tahap II

  1. Periode uji coba tahap kedua selama 1 bulan dan dimulai setelah tahap pertama selesai.
  2. Selain 9 negara pada tahap pertama, penerbangan regular juga akan dibuka untuk Kuala Lumpur (Malaysia), Hongkong (China), Paris (France), Frankfurt (jerman), Sydney (Australia) dan Moskow (Rusia).
  3. Selain bandara internasional Noi Bai dan Tan Son Nhat, Bandara Internasional Da Nang, Cam Ranh (di Khanh Hoa), Phu Quoc (di Kien Giang) dan Van Don (di Quang Ninh) juga diusulkan untuk menerima penerbangan internasional pada tahap kedua ini.
  4. Frekuensi penerbangan akan ditingkatkan menjadi 7 kali penerbangan dalam seminggu untuk semua rute.
  5. Total penumpang memasuki Vietnam diharapkan berjumlah sekitar 40.000 orang/minggu.

Berdasarkan perkembangan tersebut, WNI yang melakukan perjalanan ke wilayah Vietnam diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat serta senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara setempat. Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI untuk menghubungi Perwakilan RI terdekat. 

Demi pelayanan pelindungan yang lebih baik, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI yang tinggal di luar negeri lebih dari 6 (enam) bulan agar dapat melakukan Lapor Diri melalui website Portal Peduli WNI dan di Perwakilan RI terdekat. 

KEDUTAAN BESAR RI di HANOI, REPUBLIK SOSIALIS VIETNAM
Alamat: 50, Ngo Quyen Street, Hanoi, Vietnam
Telepon: (+84-24) 3825-3353, 3825-3324, 3925-796, 3825-6316Fax: (+84-24) 3825-9274
Twitter: @IndonesiaHanoi
Website: https://kemlu.go.id/hanoi/id/
Email: hanoi.kbri@kemlu.go.id

KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA di HO CHI MINH CITY, REPUBLIK SOSIALIS VIETNAM
Alamat: Ho Chi Minh City 18, Phung Khac Khoan, District 1 Ho Chi Minh City, Vietnam
Telepon: (+84-28) 3825 1888/9, 3822 3799
Twitter: @IndonesiaInHCMC
Website: https://kemlu.go.id/hochiminhcity/id
Email: hochiminh.kjri@kemlu.go.id

Portal Peduli WNI
https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya gan


prasma prasma

terimakasih infonya kaka