Pemerintah Thailand Mengeluarkan Aturan Terbaru untuk Warga Negara Asing Berkunjung ke Thailand
message 2 screen_share 184

Pemerintah Thailand mengumumkan aturan terbaru bagi warga negara asing (WNA) yang berkunjung ke Thailand sehubungan perkembangan situasi penyebaran Covid19 varian Omicron di Thailand. Beberapa aturan terbaru tersebut yaitu:

  1. Pengunjung asing yang masuk ke Thailand melalui skema test dan go harus melakukan tes Covid RT-PCR pada saat ketibaan di Thailand dan melakukan tes antigen mandiri (ATK) pada hari keenam atau ketujuh dari ketibaan;
  2. Pengunjung asing yang memasuki Thailand melalui skema pilot tourism/sandbox area diwajibkan untuk berada di area pilot/sandbox selama 7 hari sebelum berpindah ke area lain;
  3. Pengunjung asing yang memasuki Thailand melalui skema karantina alternative harus berada di designated AQ hotel selama 7 hari dan melakukan tes covid RT-PCR sebanyak dua kali.

Pemerintah Thailand juga mengumumkan kriteria orang, negara dan points of entry yang dapat memasuki Thailand dengan menggunakan skema happy quarantine. Ketentuan tersebut mulai berlaku efektif pada tanggal 16 Desember 2021 dan telah terdaftar di government gazette. Kriteria pengunjung tersebut meliputi:

  1. Eligible travellers yaitu WN Thailand dan pengunjung asing yang meliputi diplomat, undangan dari pemerintah, pemegang visa kerja Thailand, pelajar dan keluarganya, pasien yang menjalani perawatan di Thailand;
  2. Eligible countries yaitu semua negara/teritori kecuali 8 negara resiko tinggi di wilayah Afrika yang meliputi: Botswana, eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambique, Namibia, Afrika Selatan dan Zimbabwe. Perkecualian untuk 8 negara di Afrika tersebut tidak berlaku untuk WN Thailand dan diplomat yang datang dari 8 negara tersebut.
  3. Kriteria orang dan negara yang dapat masuk ke Thailand dengan skema happy quarantine dan memasuki Thailand melalui points of entry darat, laut dan udara.

Berdasarkan perkembangan tersebut, WNI yang melakukan perjalanan ke wilayah Thailand diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat serta senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara setempat. Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI untuk menghubungi Perwakilan RI terdekat.

Demi pelayanan pelindungan yang lebih baik, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI yang tinggal di luar negeri lebih dari 6 (enam) bulan agar dapat melakukan Lapor Diri melalui website Portal Peduli WNI dan di Perwakilan RI terdekat.

KEDUTAAN BESAR RI di BANGKOK

Alamat: The Embassy of the Republic of Indonesia 600-602 Petchburi Road Ratchatewi, Bangkok 10400, Thailand
Telepon: (66-2) 2523135-40
Fax: (66-2) 2551267                             

Twitter: @IndonesiaInBKK
Website: https://kemlu.go.id/bangkok
Email: bangkok.kbri@kemlu.go.id

Portal Peduli WNI
https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

 

sumber foto: cnbc Indonesia

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya gan


prasma prasma

terimakasih atas informasinya