Perkembangan Kebijakan Covid19 di Kuba
message 2 screen_share 146

Pemerintah Kuba pada bulan Desember 2021 telah mengumumkan aturan baru terkait ketibaan di Kuba bagi wisatawan asing terhitung tanggal 5 Januari 2022, menyikapi munculnya varian omicron di beberapa negara. Dalam aturan tersebut, Pemerintah Kuba menghendaki setiap wisatawan asing untuk dapat menunjukkan sertifikat vaksinasi lengkap. Namun demikian, terdapat pengecualian terhadap anak-anak berusia sampai dengan 12 tahun, atau orang yang memiliki kondisi medis tertentu yang tidak dapat diberikan vaksin dengan menunjukkan surat keterangan resmi. 

Adapun wisatawan yang berasal dari Afrika Selatan, Lesotho, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Namibia, Malawi dan Eswatini (sebelumnya Swaziland), selain persyaratan di atas, harus memenuhi persyaratan lain yakni kewajiban untuk melakukan tes PCR yang akan diambil setibanya di bandara di wilayah Kuba, menjalani karantina wajib selama delapan hari di hotel karantina yang telah ditunjuk Pemerintah Kuba dan membayar biaya akomodasi dan perjalanan. 

Disamping itu, tes PCR tambahan akan dilakukan pada hari ketujuh, dan jika hasil PCR adalah negative, maka dapat melakukan aktifitasdi Kuba pada hari kedelapan.Adapun bagi warga Kuba yang tinggal di negara yang tidak memiliki skema vaksinasi, harus memenuhi persyaratan berikut saat memasuki Kuba yakni sama seperti aturan terhadap wisatawan asing.  

Berdasarkan perkembangan tersebut, WNI yang melakukan perjalanan ke luar negeri diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat serta senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara setempat. Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI untuk menghubungi Perwakilan RI terdekat. 

Demi pelayanan pelindungan yang lebih baik, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI yang tinggal di luar negeri lebih dari 6 (enam) bulan agar dapat melakukan Lapor Diri melalui website Portal Peduli WNI dan di Perwakilan RI terdekat. 

KEDUTAAN BESAR RI di Havana

Alamat: 5ta Avenida # 1607 Miramar, La Habana, Cuba                Hotline: +53 52852920
Telepon: (53) 7204-9963, 7204-9618, 7204-0046.                        Fax: (53) 7204-9617                                                            Website: www.kemlu.go.id/havana
Email: havana.kbri@kemlu.go.id 

Portal Peduli WNI
https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

Foto: theconversation

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya gan


prasma prasma

terimakasih infonya kaka