Perkembangan Kebijakan Covid-19 di Haiti
message 2 screen_share 143

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Haiti, Laure Adrien pada tanggal 27 Desember 2021 dalam pernyataan resminya menyampaikan bahwa varian Covid-19 Omicron belum masuk ke wilayah Haiti, namun tetap meminta seluruh masyarakat dan emangku kepentingan di kalangan pemerintah dan swasta tetap waspada dan melanjutkan menjalankan kepatuhan protokol kesehatan.

Disampaikan pula oleh Adrien bahwa Haiti belum memiliki infrastruktur untuk melakukan skrining langsung dan meminta setiap warga Haiti untuk melakukan program vaksinasi serta menjalankan protokol kesehatan guna mencegah masuknya varian omicron di Haiti. Pernyataan Adrien disampaikan 2 hari setelah adanya konfirmasi varian omicron yang terjangkit oleh salah seorang pasien di Dominikana pasca kedatangan dari wilayah Afrika.

Pemerintah Haiti menyampaikan bahwa hingga tanggal 17 Desember 2021 jumlah warga yang telah mendapatkan vaksin abru mencapai 72.102 atau kurang dari 1% dari total populasi di Haiti. Disamping itu, pada bulan November 2021 Kementerian KEsehatan Haiti telah mengembalikan ratusan ribu dosis vaksin jenis Moderna yang akan kadaluwarsa karena rendahnya minat masyarakat untuk melakukan vaksin. Namun demikian pada akhir tahun 2021 atau pada bulan November akhir, Haiti telah menerima sebanyak 165.000 dosis vaksin Johnson & Johnson yang diperoleh dari Denmark dan Amerika Serikat melalui mekanisme Covax.

Berdasarkan perkembangan tersebut, WNI yang melakukan perjalanan ke luar negeri diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat serta senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara setempat. Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI untuk menghubungi Perwakilan RI terdekat.

Demi pelayanan pelindungan yang lebih baik, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI yang tinggal di luar negeri lebih dari 6 (enam) bulan agar dapat melakukan Lapor Diri melalui website Portal Peduli WNI dan di Perwakilan RI terdekat.

KEDUTAAN BESAR RI di HAVANA,CUBA

Alamat: 5ta Avenida # 1607 Miramar, La Habana, Cuba Hotline: +53 52852920
Telepon: (53) 7204-9963, 7204-9618, 7204-0046 Fax: (53) 7204-9617
Website: www.kemlu.go.id/havana
Email: havana.kbri@kemlu.go.id

Portal Peduli WNI
https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

Sumber foto: VOA News

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya gan


prasma prasma

terimakasih infonya kaka