Letusan Gunung Berapi di Tonga pada Sabtu (15 Januari 2022), WNI di Lokasi Diimbau Agar Menghubungi KBRI Wellington
message 2 screen_share 160

Letusan Gunung Berapi di Tonga pada Sabtu (15 Januari 2022), WNI di Lokasi Diimbau Agar Menghubungi KBRI Wellington

Gelombang tsunami menghantam pulau terbesar Tonga, Tongatapu di Samudera Pasifik setelah letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai, pada hari Sabtu (15/1/2022). Gunung berapi itu pertama kali meletus pada hari Jumat (14/1/2022) malam hingga meluncurkan abu sejauh 20 kilometer.

Letusan kedua terjadi pada Sabtu (15/1/2022) pukul 17.26 waktu setempat. Citra satelit menunjukkan awan abu besar dan gelombang kejut menyebar dari letusan. Abu jatuh dari langit di Nuku'alofa Sabtu malam hingga menyebabkan koneksi telepon terputus. Badan Meteorologi Tonga mengatakan peringatan tsunami diumumkan untuk seluruh kepulauan, dan data dari pusat tsunami Pasifik mengatakan gelombang 80 sentimeter terdeteksi.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan ibu kota Tonga, Nuku'alofa, mengalami kerusakan "signifikan" akibat letusan gunung berapi yang kuat yang memicu tsunami, tetapi belum ada laporan tentang cedera atau kematian hingga saat ini.

PM Ardern menyatakan pada hari Minggu datang ketika negara-negara Pasifik dan kelompok-kelompok kemanusiaan berjuang untuk membangun komunikasi dengan Tonga, sehari setelah bencana memutuskan koneksi telepon dan internet, membuat 105.000 penduduknya hampir tidak dapat dijangkau.

UPDATE KBRI WELLINGTON
MINGGU, 16 JANUARI 2022
17.00 NZT / 11.00 WIB

1. KBRI Wellington masih mencoba menghubungi 5 orang WNI yang diketahui berada di Tonga saat kejadian. Para WNI diketahui tinggal di Nuku’alofa.

2. Sesaat setelah kabar gunung meletus dan tsunami merebak, KBRI Wellington sempat mendapat pesan singkat dari salah seorang WNI yang menyebutkan bahwa air laut masuk ke rumahnya dan ybs sedang melakukan evakuasi karena peringatan tsunami bersama 2 (dua) WNI lain.

3. PM Jacinda Ardern pada pukul 15.00 PM New Zealand Time (NZT) menyampaikan bahwa belum terdapat informasi resmi dari Pemerintah Tonga dan komunikasi belum dapat dilakukan dengan PM Tonga. Yang diketahui pihak NZ saat ini dari High Commission NZ di Tonga bahwa tsunami telah memberikan dampak signifikan di sisi laut bagian utara Nuku’alofa, ibukota Tonga, yang terletak di pulau terbesar Tonga yaitu Tongatapu.

4. Pihak NZ masih terus berupaya menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait di Tonga dan karena kondisi komunikasi yang terputus, hanya sedikit sekali informasi yang dapat dikumpulkan tentang kondisi lapangan di Tonga. Menteri Urusan Pasifik, Aupito William Sio, mendapat informasi dari Konsul Jenderal Tonga di Auckland, Lenisiloti Sitafooti Aho, bahwa keluarga kerajaan Tonga dalam keadaan selamat.

5. NZ telah mengumumkan bantuan awal sebesar 500 ribu NZD ke Tonga. Kapal Angkatan Laut NZ juga dalam posisi stand by untuk meluncur ke Tonga namun peluncuran akan dilakukan dengan hati-hati karena kondisi di bawah laut masih belum diketahui. Kondisi yang ada saat ini dianggap belum aman bagi pesawat udara untuk masuk ke Tonga.

6. Prioritas bantuan awal saat ini adalah air bersih. Selain itu NZ siap membantu menerjukan tim medis, logistik, dan teknisi.

7. KBRI Wellington telah mengirimkan pesan melalui WhatsApp kepada komunitas masyarakat Indonesia di negara-negara akreditasi agar terus waspada dan berhati-hati serta menghindari wilayah pesisir pantai.

Berdasarkan perkembangan bencana tersebut, WNI yang tengah melakukan perjalanan ke wilayah Tonga diimbau untuk tetap menjaga keselamatan diri, protokol kesehatan (prokes) yang ketat serta senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara setempat. Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI untuk menghubungi Perwakilan RI terdekat di KBRI Wellington, Selandia Baru.

Demi pelayanan pelindungan yang lebih baik, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI yang tinggal di luar negeri lebih dari 6 (enam) bulan agar dapat melakukan Lapor Diri melalui website Portal Peduli WNI dan di Perwakilan RI terdekat.

KEDUTAAN BESAR di WELLINGTON, NEW ZEALAND

Alamat: 70 Glen Road, Kelbum, Wellington 6012, New Zealand
Telepon: (64-4) 4758699
Fax: (64-4) 475 9374
Website: https://kemlu.go.id/wellington
Email: kbriwell@indonesianemb.co.nz

Social Media
Facebook: https://www.facebook.com/IndonesianInWellington
Instagram: @indonesiainwellington
Twitter:@INAinWellington

Portal Peduli WNI
https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

Sumber:
KBRI Wellington
Al Jazeera
RNZ

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya gan


prasma prasma

terimakasih infonya kaka