Unjuk Rasa Terjadi di 80 Kota di Iran
message 2 screen_share 783

Pemerintah Iran melalui Badan Intelijen Iran menyampaikan peringatan kepada warganya yang mengikuti unjuk rasa yang semakin memanas belakangan ini bahwa telah melanggar hukum dan bisa dituntut.

Pernyataan tertulis tersebut disampaikan melalui situs berita Iran setelah unjuk rasa yang terjadi sejak meninggalnya Mahsa Amini, yang ditangkap karena mengenakan pakaian yang dipandang kurang pantas.

Saat ini unjuk rasa yang terjadi sudah menyebar ke lebih dari 80 kota di Iran dan di dominasi partisipan perempuan yang melambaikan dan membakar jilbab, hingga memotong rambut mereka di depan umum.

Dari sejumlah laporan disebutkan bahwa hingga kini unjuk rasa tersebut sedikitnya telah mengakibatkan 17 korban jiwa selain juga terdapat beberapa kerugian akibat pembakaran sejumlah kantor dan kendaraan.

Berdasarkan perkembangan tersebut, WNI yang melakukan perjalanan ke wilayah Iran diimbau untuk senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara setempat serta menghindari lokasi-lokasi terjadinya unjuk rasa. Untuk informasi lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI untuk menghubungi Perwakilan RI terdekat. 

Demi pelayanan pelindungan yang lebih baik, Kementerian Luar Negeri juga mengimbau agar teman-teman WNI yang tinggal di luar negeri lebih dari 6 (enam) bulan agar dapat melakukan Lapor Diri melalui website Portal Peduli WNI dan di Perwakilan RI terdekat.

KEDUTAAN BESAR RI di TEHRAN, IRAN

Alamat: 180, Ghaemmagham Farahani Ave. (P.O.BOX 11365/4564), Tehran, Iran

Hotline No. +98 99 1466 8845

Telepon: (98-21) 8871-6865, 8871-7251, 8855-3655

Fax: (98-21) 8871-8822

Website: www.kemlu.go.id/tehran

Email: tehran.kbri@kemlu.go.id 

Portal Peduli WNI

https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

Sumber foto: Kompas

Share on :


yudhi tio

terimakasih infonya gan


prasma prasma

terimakasih infonya gan