Membawa Barang dan Uang Masuk Ke Australia
message 2 screen_share 4763

A.  Barang

 

Australia memiliki peraturan tentang Biosecurity yang sangat ketat. Ketentuan ini melarang masuknya produk susu (dairy products) dan produk daging (meat products) yang berpotensi menyebarkan hama serta jenis penyakit, seperti penyakit mulut dan kuku (food and mouth disease), yang dapat mengganggu industri pertaniannya. 

Pelanggaran terhadap ketentuan dimaksud memiliki konsekuensi denda yang sangat tinggi atau bahkan deportasi langsung.

Apa saja barang yang berpotensi menyebarkan atau membawa penyakit mulut dan kuku?

- Produk susu dan daging yang mengandung daging sapi, domba dan babi. Barang-barang ini tidak diijinkan masuk ke Australia dari negara-negara yang didapati infeksi penyakit mulut dan kuku, salah satunya Indonesia.

- Barang-barang seperti pakaian, sepatu dan peralatan yang digunakan di peternakan, daerah pedesaan atau di hutan belantara (rural and wilderness areas) , pasar, kebun binatang atau di dekat binatang.

- Kulit binatang, peralatan berkemah dan berburu serta pajangan hasil berburu.

 

YANG HARUS DILAKUKAN:

  1. Tidak membawa daging atau produk daging, seperti rendang daging sapi. 
  2. Tidak membawa masuk ke Australia, makanan yang dibeli dari atas pesawat (inflight meals)
  3. Sebelum mengirim barang, pastikan untuk membersihkan semua peralatan, pakaian,  sepatu
  4. Periksa peraturan impor di www.agriculture.gov.au/bicon

5. Jika memang terdapat barang-barang yang dideklarasikan, maka para pelaku perjalanan internasional pada saat mendarat perlu ke inspection points dimana nantinya petugas biosecurity akan membantu.

6. Jika pelaku perjalanan internasional memiliki barang yang wajib dideklarasikan tetapi tidak ingin mendeklarasikan, maka para pelaku perjalanan internasional dapat membuangnya di tempat pembuangan sebelum inspection points. Agar menjadi perhatian bahwa pelaku perjalanan internasional dapat dikenakan denda atau dituntut karena membawa barang-barang yang wajib dideklarasikan tetapi tidak mendeklarasikan. Informasi lebih lanjut terkait barang-barang yang perlu dideklarasikan dapat diperoleh pada website Australian Border Force.

Di inspection points, Petugas biosecurity akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan. Di dalam berbagai kasus, barang-barang yang diperiksa nantinya dapat dikembalikan jika dinyatakan aman. Beberapa barang akan ditahan sampai dinyatakan aman atau disita dan dimusnahkan karena memang tidak aman dan terdapat bukti resiko hama dan penyakit.

 

DENDA YANG DIKENAKAN APABILA MELANGGAR KETENTUAN BIOSECURITY

 

1.    Besaran denda yang dikenakan di tempat (di bandara) pada saat ketibaan ditentukan dari besaran penalty units yang berkisar antara :

  •      2 penalty units (denda sebesar AU$ 550),
  •      6 penalty units (denda AU$ 1.650)
  •     12 penalty units (denda AU$ 3.300).
  • Besaran denda ini dapat menjadi semakin tinggi apabila dari proses hukum di Pengadilan seseorang terbukti melakukan pelanggaran dimaksud. Tingginya hukuman denda yang dijatuhkan di Pengadilan dapat berkisar 60 – 120 penalty units.

 

Informasi mengenai ketentuan Biosecurity dapat dilihat di 

www.agriculture/footandmouthdisease

Facebook: Australian Biosecurity

Twitter: @DAFFgov

Telephone: +61 3 8318 6700 (dari luar Australia)

                     1800 900 090

 

B. Uang

Pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Australia dan membawa uang senilai AUD 10.000 atau lebih dalam bentuk tunai maupun nontunai wajib untuk mendeklarasikannya pada saat mendarat nanti. Jika tidak melakukan deklarasi, maka para pelaku perjalanan internasional tersebut dapat didenda dan menjalani hukuman penjara. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh pada website Austrac di alamat https://www.austrac.gov.au/individuals/moving-money-across-international-borders.

Share on :


prasma prasma

terimakasih infonya ya


yudhi tio

terimakasih infonya gan