Imbauan terkait Bencana Gempa yang terjadi di Jepang
message 0 screen_share 204

Pada tanggal 1 Januari 2024, pukul 16.10 JST atau 14.10 WIB telah terjadi gempa yang berpotensi tsunami di Jepang.  Pusat gempa dilaporkan berada di Prefektur Ishikawa dengan kekuatan 7,4 skala magnitudo. Gempa dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, Akita,

Berdasarkan pantauan, gempa telah menyebabkan gelombang tsunami di beberapa wilayah.  Gelombang Tsunami terpantau terjadi setinggi ±5 meter di Ishikawa, dan ±3 meter di Yamagata, Niigata, dan Toyama.

Perwakilan RI di Tokyo dan Osaka hingga saat ini terus memantau perkembangan situasi dan berkomunikasi dengan simpul-simpul masyarakat, utamanya yang berada di Prefektur Ishikawa untuk memastikan keadaan dan keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di wilayah tersebut.  Sebanyak 1315 orang WNI tercatat tinggal di Prefektur Ishikawa.  Hingga himbauan ini dikeluarkan, belum terdapat informasi WNI yang dilaporkan terdampak gempa.

Kementerian Luar Negeri mengimbau WNI yang masih berada di Jepang untuk:

1.  Senantiasa waspada dan selalu mencermati informasi yang diperoleh dari berbagai saluran resmi;

2.  Mengikuti himbauan dan peringatan yang dikeluarkan oleh otoritas setempat di Jepang;

3.  Menyiapkan run bag berisi dokumen penting dan kebutuhan lain yang diperlukan untuk mengantisipasi perintah evakuasi dari otoritas setempat.

4.  Terus menjaga komunikasi dengan simpul-simpul masyarakat WNI terdekat.

Apabila memerlukan bantuan dan terjadi situasi kedaruratan yang memerlukan penanganan segera, WNI di Jepang dapat menghubungi nomor 119 atau hotline KBRI Tokyo melalui +8180-3506-8612; +8180-4940-7419; dan KJRI Osaka melalui +818031131003.

Share on :

Tidak ada komentar