Kirgistan
Light rain
9.06 °C

Informasi Umum

Kode Telepon:

+996

Zona dan Perbedaan Waktu:

Kirgizstan berada di Zona GMT +6. Waktu di Bishkek adalah 1 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C


KBRI Tashkent

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    eVisa / Visa on Arrival (30 hari) Hanya tersedia di Bandara Internasional Manas
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari)

  • Pemegang paspor biasa(hijau) wajib memiliki visa
  • Pemegang paspor diplomatik dan dinas wajib memiliki visa

WNI yang akan mengunjungi Kirgizstan dapat memperoleh visa pada saat kedatangan yang berlaku selama satu bulan. Anda dapat memperoleh visa di Bandara Internasional Manas. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Kirgizstan berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.


A. Umum

Perbatasan Kirgizstan dengan negara-negara tetangga dapat ditutup tanpa pemberitahuan. Periksa dengan pemerintah setempat sebelum melakukan perjalanan, untuk mengetahui perbatasan mana yang dibuka dan apakah perbatasan tersebut dapat dilalui oleh WNI. Ini karena beberapa perbatasan hanya terbuka untuk warga setempat. Kontrol perbatasan yang ketat diterapkan di jalan antara Bishkek dan Alamty (Kazakhstan).

Anda perlu mempertimbangkan kembali kebutuhan Anda untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah perbatasan Kirgiz-Uzbek dan Kirgiz-Tajik serta Lembah Ferghana (Ferghana Valley). Situasi keamanan di daerah tersebut mudah berubah-ubah dan seringnya terjadi kejahatan kekerasan, kerusuhan sipil dan laporan kegiatan teroris. Daerah yang terkena dampak termasuk kota Osh, Jalalabad dan Batken.

Ranjau darat juga merupakan resiko di daerah perbatasan yang tidak terkendali. Jika Anda tiba dari Negara yang diketahui sering terjadinya demam kuning, Anda diwajibkan untuk menyediakan sertifikat vaksinasi demam kuning yang sah untuk diizinkan masuk ke Kirgizstan. Pastikan paspor Anda memiliki masa berlaku setidaknya enam bulan dari tanggal rencana Anda kembali ke Indonesia.


Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Terdapat ancaman terorisme di Kirgizstan. Serangan teroris bisa saja menargetkan orang tanpa pandang bulu, termasuk mereka yang berada di tempat yang sering dikunjungi oleh orang asing.

 

B. Kriminalitas

Terdapat tingginya insiden kriminalitas, termasuk kejahatan kekerasan, dan Warga Negara Asing seringkali dijadikan target karena kekayaan mereka. Penculikan, perampokan, penjambretan dan pencopetan terjadi, termasuk di dekat hotel, transportasi dan tempat-tempat ramai lainnya, khususnya di mana para ekspatriat diketahui berkumpul. Resiko terjadinya tindak kriminalitas meningkat pada saat malam.

Terdapat potensi bagi Warga Negara Asing untuk terjebak dalam bentrokan antara kelompok Kriminal.

Pencuri yang menyamar sebagai polisi yang sedang bertugas, tanpa seragam atau meet and greet pengemudi yang tidak diminta di bandara juga diketahui menjadikan wisatawan target.

Hindari memanggil taksi di jalan, usahakan untuk memesan taksi resmi melalui layanan telpon (telephone dispatch service). Hindari menggunakan taksi jika terdapat penumpang lain di samping supir. Negosiasikan harga sebelum melakukan perjalanan.

Wanita yang melakukan perjalanan sendiri dan pada saat malam harus sangat berhati-hati untuk keamanan mereka sendiri, karena penculikan wanita lokal untuk pernikahan sedang marak terjadi di Kirgizstan, dan Warga Negara Asing bisa saja menjadi korban dalam penculikan ini karena penculik keliru dengan WNA.

Berhati-hatilah akan terjadinya drink spiking di Kirgizstan. Jangan pernah menerima minuman dari orang yang tidak dikenal atau meninggalkan minuman Anda tanpa pengawasan. Jika Anda tidak yakin minuman tersebut aman, tinggalkan. Minuman beralkohol dapat dicampur dengan zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, penyakit serius, kebutaan, cedera otak atau kematian secara tiba-tiba.

 

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Demonstrasi yang tidak direncanakan dapat terjadi di Bishkek dan di bagian lain Negara. Anda perlu menghindari demonstrasi, unjuk rasa jalanan dan pertemuan umum karena dapat berubah menjadi anarkis. WNI bisa saja terperangkap pada kekerasan yang ditujukan kepada orang lain. Pantau media dan sumber informasi lainnya untuk kemungkinan resiko keselamatan atau keamanan terbaru.

Wilayah perbatasan dengan Uzbekistan dan Tajikistan, serta Ferghana Valley: Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan Anda untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah perbatasan Kirgiz-Uzbek dan Kirgiz-Tajik (di selatan dan barat-selatan) serta Ferghana Valley dikarenakan situasi yang berubah-ubah dan keamanan yang tak terduga.

Lingkungan keamanan dapat berubah-ubah di selatan dan selatan-barat, termasuk di kota-kota Osh, Jalalabad dan Batken, dimana telah terjadi bentrokan antara pasukan keamanan dan militant serta kelompok kriminal. Jika Anda mempertimbangkan melakukan perjalanan ke selatan, Anda disarankan untuk membaca saran ini bersama dengan saran wisata untuk Uzbekistan dan Tajikistan.

Jika Anda mempertimbangkan melakukan perjalanan ke daerah perbatasan dengan Uzbekistan dan Tajikistan, serta Ferghana Valley, Anda disarankan untuk membaca saran ini bersama dengan saran wisata untuk Uzbekistan dan Tajikistan. Pasukan keamanan dari ketiga Negara memantau wilayah perbatasan. Mereka sering melakukan operasi di wilayah perbatasan dan biasanya secara acak.

Anda perlu menghindari melakukan perjalanan melalui wilayah perbatasan Uzbekistan-Kirgistan di distrik Ala-Buka ini dikarenakan sengketa perbatasan yang sedang berlangsung.

 

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Terdapat resiko yang tinggi akan terjadinya gempa bumi di Kirgizstan, dan tremor sering terjadi. Anda harus membiasakan diri dengan prosedur keselamatan jika terjadi gempa bumi. Lihat bulletin gempa bumi kami untuk saran.

Longsor salju dan tanah longsor seringkali terjadi di daerah pegunungan.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah orang tewas dalam kecelakaan yang berhubungan dengan salju termasuk kecelakaan kendaraan bermotor, longsor salju, salju yang jatuh dari atap dan kontak yang terlalu lama terhadap dingin yang ekstrim.

 

E. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

-

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di Kirgizstan, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

 

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Kepemilikan dan penggunaan narkoba merupakan tindakan ilegal dan hukuman berat akan berlaku, termasuk masa hukuman penjara yang panjang dan denda berat.

 

D. LGBTI

Hubungan sesama jenis tidak ilegal di Kirgizstan, tetapi tetap tidak diterima secara luas oleh masyarakat.

 

E. Hukum Lainnya

  • Anda diharuskan membawa paspor, atau salinan yang sah, setiap saat. Pemeriksaan indentifikasi oleh polisi merupakan hal yang umum.
  • Mengemudi dengan kadar alkohol pada darah yang melebihi nol merupakan sebuah pelanggaran.
  • Apostille diperlukan pada dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia untuk diakui di Kirgizstan. Jika Anda berniat untuk tinggal atau bekerja di Kirgizstan untuk waktu yang lama, kami menyarankan Anda untuk menghubungi Kedutaan atau Konsulat Kirgizstan terdekat untuk memeriksa apa persyaratan lokal untuk melegalkan dokumen sebelum berangkat dari Indonesia. Untuk informasi tambahan, periksa halaman legalisir dokumen atau hubungi KBRI.
  • Jika Anda berencana untuk menikah di Kirgizstan, Anda akan memerlukan Certificate of No Impediment to Marriage. Sertifikat ini dapat diperoleh di KBRI. Hubungi bagian konsuler KBRI untuk informasi tambahan.
  • Anda perlu memeriksa dengan otoritas lokal sebelum mengambil foto atau berada di dekat bangunan militer dan keamanan.
  • Beberapa hukum pidana Indonesia, seperti yang berkaitan dengan pencucian uang, penyuapan pejabat publik asing, terorisme, pernikahan paksa, mutilasi alat kelamin perempuan, pornografi anak dan pariwisata seks anak, berlaku untuk WNI diluar negeri. Bagi WNI yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan tersebut selagi diluar negeri dapat dituntut di Indonesia.

 

F. Adat Lokal

  • Selama Ramadhan, WNI yang melakukan perjalanan ke Negara-negara dengan jumlah penduduk Muslim yang signifikan, termasuk Kirgizstan, harus menghormati agama dan kepekaan budaya, aturan serta adat istiadat. Secara khusus, mereka yang tidak berpuasa disarankan untuk menghindari makan, minum dan merokok di depan umum, juga di hadapan mereka yang sedang berpuasa.
  • Standar berpakaian dan berperilaku di Kirgizstan masih konservatif. Anda harus berhati-hati agar tidak menyinggung. Jika Anda ragu, berpakaianlah secara konservatif dan cari saran lokal.
  • Menunjukkan kasih sayang di depan umum (public affection), bahkan antara pasangan yang sudah menikah dapat menyinggung dan menarik terjadinya pelecehan atau penahanan oleh polisi.

 

G. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

-

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Kirgizstan adalah Som Kirgizstan. Penukaran mata uang Som Kirgizstan dapat dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat atau Euro untuk penukaran uang setempat.

 

Asuransi dan Kesehatan

Kami sangat menyarankan Anda untuk memiliki asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum Anda berangkat. Konfirmasi asuransi akan melindungi Anda selama Anda bepergian dan cek syarat dan ketentuan yang termasuk dalam polis. Pemerintah Indonesia tidak akan membayar biaya medis diluar negeri ataupun evakuasi medis WNI yang bersangkutan. Kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi standar sebelum Anda bepergian, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan informasi bagi wisatawan dan halaman kesehatan kami juga menyediakan informasi yang berguna untuk WNI agar tetap sehat.

A. Wabah Penyakit

  • Malaria merupakan endemis di bagian selatan dan barat Negara yang berbatasan dengan Tajikistan dan Uzbekistan, khususnya di provinsi Batken, Osh dan Zhele-Abdskaya. Penyakit yang terbawa oleh serangga lainnya juga terjadi (termasuk tick-borne encephalitis dan leishmaniasis). Perjalanan di kawasan hutan akan membawa resiko terkena paparan ke tick-borne encephalitis. Kutu sangatlah umum sejak musim semi hingga musim gugur. Kami merekomendasi Anda untuk melakukan prophylaxis terhadap malaria saat dibutuhkan, dan lakukan tindakan pencegahan terhadap gigitan serangga. Jangan lupa untuk menggunakan obat nyamuk setiap saat.
  • Penyakit yang terbawa dari air, makanan, dan penyakit menular lainnya (termasuk tifus, hepatitis, meningitis, TBC, brucellosis dan rabies) umum terjadi dengan wabah yang lebih serius dari waktu ke waktu. Kami menyarankan Anda untuk merebus semua air minum atau air minum dalam kemasan yang bersegel utuh. Hindari es batu, produk susu yang tidak di pasteurisasi, dan makanan yang mentah atau tidak matang. Cari bantuan medis jika Anda mengalami demam atau menderita diare.
  • Beberapa obat yang tersedia di apotek atau dengan resep dokter di Indonesia, seperti obat tidur atau obat yang mengandung kodein, mungkin ilegal atau dibatasi di Kirgizstan. Anda harus menghubungi kedutaan atau konsulat Kirgizstan terdekat untuk saran. Bawa salinan resep dokter Anda, surat dokter, dan nyatakan semua obat-obatan serta barang-barang yang dibatasi pada saat kedatangan. Jika Anda tidak menyatakannya, atau jika kuantitasnya melebihi batas hukum, kepemilikan barang-barang tersebut walaupun disertai resep dokter dapat menyebabkan biaya administrasi atau bahkan pidana.

 

B. Fasilitas Medis

Fasilitas medis di ibukota Bishkek terbatas dan peralatan medis serta obat-obatan memiliki persediaan yang terbatas. Di daerah terpencil, standar pelayanan medis sangat dasar. Jika terjadi penyakit atau kecelakaan serius, evakuasi medis ke tujuan dengan fasilitas yang sesuai akan diperlukan. Biaya untuk evakuasi medis dapat besar.

 

C. Cara Mendapatkan Pertolongan

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda.

Nomor darurat Kirgizstan:

  • Polisi : tekan 102
  • Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan : tekan 101
  • Darurat Medis : tekan 103

 

D. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

-

Telekomunikasi

Tidak Ada Data

Tempat Wisata

Kuliner

Tempat Ibadah

Fasilitas Kesehatan